Wednesday, January 15, 2014

Target Laba Investor Aktif di Indonesia (Bagian 2)

[Pos ini ©2013 oleh Willy billythepip.blogspot.com. Hak Cipta dilindungi Undang-Undang.]

Tadinya saya ingin menulis artikel tersendiri tentang target laba investasi saham pribadi, tetapi setelah saya pikir-pikir, ini sepertinya masih nyambung sama artikel saya terdahulu tentang Target Laba Investor Aktif di Indonesia.

Saya awalnya sempat membuat target investasi saham yang cukup sederhana, yaitu lebih tinggi dari return investasi saham dari Indeks. Tetapi setelah saya pikir-pikir lagi, hal ini masih terlalu abstrak. Rekan-rekan seperjuangan saya saja seperti Iyan dan Bola Salju semuanya punya target angka yang konkrit di blog mereka.

Seperti layaknya pak Bola Salju, saya suka menganggap diri sendiri sebagai seorang Value Investor modern yang progresif. Saya senang membeli saham-saham bagus yang sedang dijual murah oleh Tuan Pasar. Dan sesuai dengan ajaran Benjamin Graham, saya sebagai seorang investor aktif jelas harus bisa mencetak hasil lebih tinggi daripada investor pasif.

Saya lalu mencari tahu reksadana mana yang paling sukses di Republik Indonesia tercinta ini. Walaupun ini bisa diperdebatkan, saya mendapatkan penjelasan dari kolega di Bursa Efek Indonesia bahwa Panin Dana Maksima adalah RD yang paling konsisten performanya selama 16 tahun dengan return rata-rata 29% setiap tahun.

Saya lalu mengacu kepada return tahunan dari Lo Kheng Hong. Tidak ada yang tahu persis berapa sebenarnya return investasi saham LKH setiap tahun, tetapi dari artikel saya sebelumnya, saya memperkirakan return tahunan LKH rata-rata 69% setiap tahun.

Dengan kata lain, target konkrit saya sebagai investor aktif adalah mencapai rata-rata tahunan antara 29% sampai 69%. Kurang dari 29%, saya berarti telah membuang-buang waktu saya untuk berinvestasi saham secara pribadi, karena toh jika saya berlangganan RD PDM saja sudah dapat return 29%. Lebih dari 69%, saya akan sangat bersyukur sekali, tetapi tentu saja saya harus melihat dulu konsistensi return-nya dalam jangka panjang. 

Jika saya telah berhasil mencapai rata-rata tahunan antara 29% sampai 69%, dan konsisten dengan rata-rata tersebut sampai 10 tahun ke depan, maka saya percaya saya telah berhasil membangun sistem main saham pribadi yang tepat guna dan berhasil guna, dan juga saya telah berhasil menempatkan diri dalam jajaran elite super investor Indonesia yang selevel dengan Winston Sual dan Lo Kheng Hong. Mengapa tidak?


PS: Saya mendapat sanggahan dari rekan Parahita bahwa target saya kelewat ambisius. Sebagai perbandingan, rekan Parahita berhasil mencetak return 80% pada tahun 2012, sedangkan pada tahun 2013 return beliau drop menjadi sekedar 4% saja. Di samping itu, rekan Parahita memperkirakan kalau return tahunan rata-rata IHSG adalah sekitar 24% sampai sekarang.

Menurut saya justru sebaliknya, ini semakin memperkuat ambisi saya untuk mencapai target RATA-RATA tahunan antara 29% sampai 69%. Ini berbeda loh dengan memiliki target tahunan antara 29% sampai 69%. Jika kita mengacu kepada return tahunan rekan Parahita sebelumnya, saya TIDAK TERTARIK dengan return tahunan 80% atau 4%. Yang saya tertarik adalah return RATA-RATA rekan Parahita yang pada 2 tahun terakhir berada pada angka sekitar 37% jika menggunakan deret geometris tahunan.

Dari angka return RATA-RATA tahunan sebesar 37% itulah, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa rekan Parahita masih cukup berhasil sebagai investor aktif, paling tidak dengan menggunakan target laba di antara 29% sampai 69%. Jika rekan Parahita berhasil menjaga return RATA-RATA tahunan di antara 29% sampai 69% (atau bahkan lebih!) selama 10 tahun berturut-turut, saya bahkan akan lebih jauh lagi mengakui bahwa rekan Parahita memang sudah berhasil mencapai level super investor Indonesia, tidak kalah dengan Lo Kheng Hong yang legendaris.

Terima-kasih sekali atas masukan yang sangat berarti ini dari rekan Parahita dan kawan-kawan IDX Street Investors.

4 comments:

  1. Semangat terus bung willy!!!
    35% pasti bisa diraih jika sudah menguasai FA dan TA saham2 yg akan dibeli :)

    ReplyDelete
  2. salam bung willy, bagaimana caranya bisa ikut jejak anda? dengan target 29% - 69% sudah sangat bagus menurut saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Pak Thahir, yang paling mudah itu sebenarnya dengan mencari mentor investasi sesuai karakter anda (value, growth, garp, atau trading sekalian). Beberapa tahun pertama mungkin masih sulit, tetapi lama-lama bisa karena biasa. Juga ingat, awalnya belum tentu konsisten hasilnya karena yah masih pemula.

      Delete